Wednesday, September 18, 2013

SCIENCE RULES! Making Lava Lamps

Our Friday was rather exciting in Science because we made our own lava lamps. I'm sure parents and bus drivers were turning their heads when several kids were walking out the door with water bottles filled with colorful liquid. A great conversation starter if you ask me! 

Last year, a fellow 5th grade teacher created lava lamps with her students and had the best time doing so. I didn't want my kids to miss out on this experience, so I knew I wanted to add it to my scientific method lesson plans. What a great way to hook kids onto science experiments!

Here's how we made our lava lamps:
  1. Fill an empty water bottle 1/2 - 3/4 full of vegetable oil.
  2. Add 10 drops of food coloring to the oil.
  3. Fill the rest of the bottle with water - leave room at the top of the bottle in case it overflows. Yes, I speak from experience!
  4. Break an antacid tablet into tiny pieces and drop into the bottle. 
  5. Watch for the reaction!


I couldn't help it - I even made a Vine video during the madness. Do you Vine in the classroom? I'd love to hear about it!


It was an awesome experiment and perfect way to end the week. 

SCIENCE RULES. 

10 comments:

  1. Jordan,
    I love reading your posts. This one really made me miss teaching science. As I type I am listening to a colleague lecture. Bah! Hope your year is going great.
    marciahoj@gmail.com

    ReplyDelete
  2. AS Monaco ke puncak Liga Prancis

    Berita terbaru dan terkini bola Soccer dari
    Agen bola Indo11 - Radamel Falcao akhirnya menuntaskan puasa gol dalam tiga pertandingan beruntun dengan mencetak satu gol ke gawang Olympique Lyon.

    AS Monaco berhasil mengalahkan Lyon dengan skor 2-1 dalam laga lanjutan Ligue 1 Prancis, di mana eks striker Kolombia tersebut menjadi salah satu penyumbang golnya.


    Agen bola Indo11 Terpercaya - Dengan kemenangan tersebut, AS Monaco untuk sementara mengambil alih pimpinan klasemen sementara Ligue 1, namun mereka akan kembali tergusur bila PSG mampu memetik kemenangan atau imbang menghadapi Saint-Etienne.
    Sumber http://indo11.com

    ReplyDelete
  3. AS Roma membuat Juventus dan Napoli tampak buruk

    Berita terbaru dan terkini bola Soccer dari
    Agen bola Indo11 - Pelatih Juventus, Antonio Conte memberikan pujiannya kepada AS Roma setelah sukses mempertahankan rekor 100 kemenangan hingga giornata 9 Serie A Italia.

    Terakhir pada Minggu (27/10) kemarin, Udinese sanggup dikalahkan AS Roma dengan 10 pemain setelah Michael Bradley memastikan kemenangan Giallorossi menjelang akhir lagi.

    “Saya harus mengangkat topi kepada Roma, karena memenangi sembilan pertandingan berturut-turut adalah hal yang luar biasa dan itu membuat Napoli dan Juventus tampak buruk!” puji Conte.


    Agen bola Indo11 Terpercaya - Napoli dan Juventus sama-sama mengoleksi 22 poin, duduk di peringkat dua dan tiga. Mereka masih terpaut lima angka dari Roma yang duduk di singgasana klasemen.
    Sumber http://indo11.com

    ReplyDelete
  4. Dos Santos pahlawan Villareal

    Berita terbaru dan terkini bola Soccer dari
    Agen bola Indo11 - Villarreal berhasil meraih kemenangan telak atas Valencia dengan skor 4-1 dalam laga lanjutan Primera Liga Spanyol berkat performa impresif dari Giovani dos Santos.


    Agen bola Indo11 Terpercaya - Dos Santos mencetak gol pertamanya untuk klub dan menebus kesalahan memasukkan penalti dengan mencetak gol kedua di paruh kedua. Dua gol lainnya dicetak oleh Ikechuwu Uche dan Hernan Perez.

    Sumber http://indo11.com

    ReplyDelete
  5. Espargaro juara Moto2 setelah Redding terjatuh

    Berita terbaru dan terkini bola Soccer dari
    Agen bola Indo11 - Rider Tuenti 40 HP, Pol Espargaro sukses memenangi Moto2 Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (27/10). Dengan terjatuhnya sang pesaing terdekat, Scott Redding, pembalap Spanyol itupun berhasil mengunci gelar dunia Moto2 musim ini.


    Agen bola Indo11 Terpercaya - Redding terjatuh setelah bertabrakan dengan Esteve Rabat dan Alex Marinelarena pada lap pembuka. Insiden ini membuat balapan sempat dihentikan. Ketiga pembalap tak mengalami cedera berarti, namun Redding tak bisa melanjutkan balapan akibat motornya yang rusak parah.

    Berikut hasil balap Moto2 Jepang:
    1. Pol Espargaro - Tuenti HP 40 (28m 15.162s)
    2. Mika Kallio - Marc VDS Racing Team (28m 16.506s)
    3. Thomas Luthi - Interwetten Paddock Moto2 (28m 18.541s)
    4. Xavier Simeon - Maptaq SAG Zelos Team (28m 23.582s)
    5. Julian Simon - Italtrans Racing Team (28m 25.477s)
    6. Nicolas Terol - Aspar Team Moto2 (28m 26.526s)
    7. Alex De Angelis - NGM Mobile Forward Racing (28m 27.880s)
    8. Dominique Aegerter - Technomag carXpert (28m 30.771s)
    9. Takaaki Nakagami - Italtrans Racing Team (28m 33.576s)
    10. Mattia Pasini - NGM Mobile Racing (28m 35.841s)
    Sumber http://indo11.com

    ReplyDelete
  6. Inilah klasemen sementara MotoGP 2013

    Berita terbaru dan terkini bola Soccer dari
    Agen bola Indo11 - Meskipun finish kedua di belakang Jorge Lorenzo di MotoGP Jepang, Minggu (27/10), rookie Repsol Honda, Marc Marquez masih berada di puncak klasemen pembalap dengan 318 poin.


    Agen bola Indo11 Terpercaya - Lorenzo yang membela Yamaha Factory Racing berada di peringkat kedua dengan 305 poin. Peringkat ketiga ditempati oleh pembalap Repsol Honda lainnya, Dani Pedrosa dengan 280 poin.

    Penentuan juara dunia MotoGP musim inipun akan berlangsung di MotoGP Valencia, Spanyol pada 8-10 November mendatang.

    Berikut klasemen pembalap MotoGP 2013 usai Seri Jepang:
    1. Marc MARQUEZ - Honda - 318 poin
    2. Jorge LORENZO - Yamaha - 305
    3. Dani PEDROSA - Honda - 280
    4. Valentino ROSSI - Yamaha - 224
    5. Cal CRUTCHLOW - Yamaha - 188
    6. Alvaro BAUTISTA - Honda - 160
    7. Stefan BRADL - Honda - 146
    8. Andrea DOVIZIOSO - Ducati - 133
    9. Nicky HAYDEN - Ducati - 118
    10. Bradley SMITH - Yamaha – 107
    Sumber http://indo11.com

    ReplyDelete
  7. Lorenzo meraih kemenangan di Jepang

    Berita terbaru dan terkini bola Soccer dari
    Agen bola Indo11 - Pembalap Yamaha Factory Racing, Jorge Lorenzo berhasil memenangkan MotoGP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (27/10).

    Agen bola Indo11 Terpercaya - Lorenzo sukses menunda penentuan juara dunia musim 2013 hingga Seri Valencia, Spanyol pada 8-10 November mendatang.

    Debutan Repsol Honda, Marc Marquez finish di posisi kedua dan rekan setimnya, Dani Pedrosa finis ketiga. Sementara itu posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh pembalap Go & Fun Honda Gresini, Alvaro Bautista dan pembalap LCR Honda, Stefan Bradl.

    Berikut hasil balap MotoGP Jepang:
    1. Jorge Lorenzo - Yamaha Factory Racing (42m 34.291s)
    2. Marc Marquez - Repsol Honda Team (42m 37.479s)
    3. Dani Pedrosa - Repsol Honda Team (42m 38.883s)
    4. Alvaro Bautista - Go&Fun Honda Gresini (42m 54.046s)
    5. Stefan Bradl - LCR Honda MotoGP (42m 57.101s)
    6. Valentino Rossi - Yamaha Factory Racing (42m 58.928s)
    7. Cal Crutchlow - Monster Yamaha Tech 3 (43m 1.787s)
    8. Bradley Smith - Monster Yamaha Tech 3 (43m 5.260s)
    9. Nicky Hayden - Ducati Team (43m 11.301s)
    10. Andrea Dovizioso - Ducati Team (43m 17.235s)
    Sumber http://indo11.com

    ReplyDelete
  8. Pedrosa menyebut balapan di Jepang sangat bosan

    Berita terbaru dan terkini bola Soccer dari
    Agen bola Indo11 - Rider Repsol Honda, Dani Pedrosa mengaku MotoGP Jepang, Minggu (27/10) berjalan cukup membosankan karena dirinya tidak mampu menyaingi ritme balap Jorge Lorenzo dan Marc Marquez.


    Agen bola Indo11 Terpercaya - Pedrosa yang finis ketiga menyatakan bahwa dirinya mengalami masalah gas setiap kali hendak keluar tikungan.
    "Balapan kali ini cukup membosankan, karena saya sudah berusaha keras namun terus mengalami masalah setiap kali akan keluar tikungan. Saya tidak bisa menggeber gas dengan penuh. Saya jadi tertinggal dan Jorge dan Marc," ujar Pedrosa.

    Sumber http://indo11.com

    ReplyDelete
  9. Real Sociedad menundukkan Almeria 3-0

    Berita terbaru dan terkini bola Soccer dari
    Agen bola Indo11 - Real Sociedad akhirnya mampu memenuhi ambisi untuk dapat bangkit usai mengalami kekalahan dari Manchester United di ajang Liga Champions tengah pekan kemarin dengan skor 1-0, dengan mengalahkan Almeria.


    Agen bola Indo11 Terpercaya - Sociedad meraih kemenangan telak dengan skor 3-0 atas Almeria dan memaksa tim tamu belum dapat meraih kemenangan satu kalipun di Primera Liga Spanyol dan terpuruk di posisi juru kunci. Sementara Sociedad naik ke posisi sembilan berkat tambahan tiga angka.
    Sumber http://indo11.com

    ReplyDelete
  10. Real Sociedad menundukkan Almeria 3-0

    Berita terbaru dan terkini bola Soccer dari
    Agen Bola - Real Sociedad akhirnya mampu memenuhi ambisi untuk dapat bangkit usai mengalami kekalahan dari Manchester United di ajang Liga Champions tengah pekan kemarin dengan skor 1-0, dengan mengalahkan Almeria.


    Agen Sbobet - Sociedad meraih kemenangan telak dengan skor 3-0 atas Almeria dan memaksa tim tamu belum dapat meraih kemenangan satu kalipun di Primera Liga Spanyol dan terpuruk di posisi juru kunci. Sementara Sociedad naik ke posisi sembilan berkat tambahan tiga angka. Sumber: Agen Bola

    ReplyDelete

Add This

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...